Selasa, 29 Maret 2011

Menghitung Jumlah suatu Nilai atau Text dalam sebuah data di Excel

Mencari data dari sederetan data yang kita kehendaki baik itu berupa teks maupun angka adalah pekerjaan yang cukup membosankan, jika Anda menggunakan perhitungan konvensional. Sebagai contoh Anda ingin menghitung jumlah laki-laki atau perempuan dari sejumlah data, jika anda harus menghitung satu persatu maka akan memakan waktu yang lama yang akibatnya pusing kepala. Oke kalau hanya sedikit data itu, tetapi kalau banyak?. Itu baru 2 kriteria yang akan kita cari, bagaimana jika lebih dari itu bahkan banyak kriteria, apalagi kalau sudah kriterianya itu berupa angka. Sebagai contoh daftar nilai siswa yang jumlahnya ratusan kemudian akan dicari nilai yang tidak lebih dari 6.67 dari sekian mata pelajaran. Nah kalau mau menghitung satu per satu ya silahkan, tapi saya gak ikut-ikut. Hehe melek sampai pagi nanti...
Sebetulnya di dalam Ms Excel terdapat satu rumus sederhana yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan sangat cepat yang pada kahirnya dapat meringankan pekerjaan Anda. Rumus tersebut adalah COUNTIF. COUNTIF mempunyai sintaks seperti berikut =COUNTIF(range;criteria) Kalau melihat sintaksnya penggunaan rumus ini sebetulnya sangat mudah. Misal, jika anda ingin menghitung jumlah laki-laki dikolom C (lihat gambar a) tinggal ketik di satu cell kosong (Contoh Cell  =COUNTIF(A2:K2; “P”). Bagaimana untuk yang malam? Tinggal ganti aja kriterianya ke M, jadinya seperti ini =COUNTIF(A2:K2; “M”)
COUNTIF juga bisa diaplikasikan untuk menghitung berapa kali anda masuk target penjualan. Misalnya, range data ada di B3:B33 dan anda ingin menghitung berapa kali penjualan anda menembus angka 100. Anda tinggal ketikkan =COUNTIF(B3:B33;”<” &E2) di cell hasil anda. Dimana B3:B33 adalah range data anda, E2 adalah cell yang berisi dengan kriteria anda, dalam hal ini berisi angka 100. (....Belum Selesai)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons